Abstract:
Penggunaan Model Pembelajaran yang digunakan adalah Model
Pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk : (1)
Mengetahui hasil belajar siswa dalam membuat Buku Besar yang
menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar
Siswa SMK Ar-Rahman Medan Tahun Pembelajaran2016/2017. (2)
Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil
Belajar Siswa dalam membuat Buku Besar Smk Ar-Rahman Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi seluruh
siswa kelas X SMK Ar-Rahman Medan. Sampel penelitian dilakukan oleh
seluruh siswa kelas X SMK Ar-Rahman Medan dengan Teknik
pengambilan sample adalah “total Sampling dengan menggunakan model
pembelajaran Talking Stick.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil
belajar dalam bentuk essay test dengan 10 soal yang telah dinyatakan valid
dan realible. Dari hasil penelitian nilai rata – rata pre test adalah 68,17
setelah dilakukan perlakuan pada kelas tersebut diperoleh nilai post test
adalah 79,16 Model Pembelajaran Talking Stick. Pada hasil pengujian
hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,49> 1,699 pada dk = N-1 = 30-1=
29 pada taraf α = 0,05. Hal ini berarti ada pengaruh model pembelajaran
Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Ar-Rahman Medan
Tahun Pembelajaran 2016/2017