Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas
SMK BM Sinar Husni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamen terhadap hasil belajar
akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi / dokumen ke dalam
jurnal umum. Siswa kelas X AK 1 helvitia Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 92 orang. Tehnik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Kooperatif Teams Games Tournamen sehingga
ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas X AK 1 yang berjumlah 38
orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
tertulis berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari pre test 10 item dan 10 item
post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre test diperoleh nilai rata-rata 71.447, dan standar
deviasi 21.53.Sedangkan untuk data post test nilai rata-rata 86.3158,dan standar
deviasi 44.22 dalam pengujian hipotesis menunjukkan thitung 11,07 dan bila
dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N –
1 = 37 maka ttabel =2,02. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel
diperoleh (11,07 > 2,02 ), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga
kesimpulannya adalah “ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams
Games Tournamen terhadap hasil belajar akuntansi Siswa Kelas X AK 1 SMK
BM Sinar Husni Medan T.P 2016/2017