Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan
kurangnya minat belajar siswa dalam proses pembelajaran akuntansi. Hal ini terlihat
dari data yang diperoleh dari guru mata pelajaran akuntansi sehingga diperlukan
usaha dan metode guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan
menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa sebelum
menggunakan Metode Demonstrasi dan sesudah menggunakan Metode Demonstrasi
pada siswa kelas X SMK Harapan Mekar 2 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Harapan Mekar 2
Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 30 orang dan sampel sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X SMK yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan
dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah Purposive sampling. Metode yang
digunakan adalah eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan subjektif test
berupa essay tes terdiri dari 10 item.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa
dalam menjawab soal setelah menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi yang
sebelumnya 53,66 menjadi 76. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian diperoleh
,897, dengan taraf kepercayaan 5% atau α = 0,05 diketahui 1,669.
dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis yang diterima adalah Ha yang
menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Demonstrasi terhadap hasil belajar
akuntansi siswa kelas X SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017