Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi positioning
pada toko roti Master Bread Perdagangan. Pendekatan penelitian adalah pendekatan
kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan adalah dengan wawancara kepada pengelola dan konsumen toko roti
Master Bread Perdagangan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menghasilkan kesimpulan bahwa strategi
positioning sudah dilaksanakan pada toko roti Master Bread Perdagangan dengan
memberikan pelayanan yang terbaik dengan melakukan sikap ramah, memberikan harga
produk yang murah dengan kualitas terbaik, mengadakan promo-promo tertentu,
melaksanakan penjualan online bebas ongkos kirim, suasana toko yang bersih, rapi dan
strategis, sehingga menimbulkan citra (image) yang positif dibandingkan pesaing melalui
pendekatan tersebut , namun terdapat hambatan yaitu keragu-raguan konsumen akan
produk yang dijual yang disebabkan oleh konsumen tidak menyukai produk tertentu yang
dijual di toko tersebut serta presespsi yang sama antar perusahaan sejenis.