Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran Brainstorming dengan Group Investigation terhadap Hasil Belajar
Akuntansi Siswa Kelas X SMK BM Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pelajaran
2016/2017 pada materi ayat jurnal penyesuaian. Masalah dalam penelitian ini
adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK BM Harapan Mekar 2.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Harapan Mekar 2 yang beralamat di
Jl. Marelan Raya No. 77 Kel. Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan Kota
Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X Ak SMK BM harapan Mekar 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah teknik total sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas X AK
yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah essay test
yang terdiri dari 10 item valid.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.
Sebelum melakukan analisis maka terlebih dahulu melakukan uji persyaratan analisis
yang terdiri dari menentukan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas,
homogenitas, dan hipotesis.
Dari hasil data pre-test diperoleh rata-rata 51,61 dan simpangan baku 14,62.
Sedangkan untuk data post-test diperoleh nilai rata-rata 89,03 dan simpangan
baku 8,7. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas
data hasil belajar. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > t tabel yaitu
25,5576 > 1,6972. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran
Brainstorming dengan Group Investigation terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas X SMK BM Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017