Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Menggunakan Teknik Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Rozi, Fahrur
dc.date.accessioned 2020-11-16T04:30:51Z
dc.date.available 2020-11-16T04:30:51Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11964
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan teknik tutor sebaya pada kompetensi dasar Jurnal Umum siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 61 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling. Dan jenis pengambilan sampel yang dilakukuan adalah jenis purposive sampling. Sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI Ak 1 yang berjumlah 31 orang sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah eskperimental. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Pre Test dan Post Test yang masingmasing berjumlah 10 item yang berbentuk essay test yang terlebih dahulu diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dalam menjawab soal setelah menggunakan Teknik tutor sebaya yang sebelumnya 53,903 menjadi 81,032. Penelitian ini menggunakan uji liliefours untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan menggunakan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 15,60 dengan taraf nyata 𝛼 = 0,05, dk = 30 dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 15,60 > ttabel = 1,697 ini berarti Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Menggunakan Teknik Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017-2018. en_US
dc.subject Model Team Assisted Individualization (TAI) en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Menggunakan Teknik Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account