Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar sebelum dan sesudah
menggunakan teknik tutor sebaya pada kompetensi dasar Jurnal Umum siswa
kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017. Masalah dalam
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 61 orang. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling. Dan jenis
pengambilan sampel yang dilakukuan adalah jenis purposive sampling. Sehingga
ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI Ak 1 yang berjumlah 31 orang
sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah eskperimental.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah Pre Test dan Post Test yang masingmasing berjumlah 10 item yang berbentuk essay test yang terlebih dahulu diuji
validitasnya dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan
rata-rata hasil belajar siswa dalam menjawab soal setelah menggunakan Teknik
tutor sebaya yang sebelumnya 53,903 menjadi 81,032. Penelitian ini
menggunakan uji liliefours untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan
menggunakan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis
penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 15,60 dengan
taraf nyata 𝛼 = 0,05, dk = 30 dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung =
15,60 > ttabel = 1,697 ini berarti Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan
bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)
Menggunakan Teknik Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK PAB 2
Helvetia Tahun Pembelajaran 2017-2018.