Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada peningkatan hasil belajar
akuntansi siswa kelas X SMK Swasta Esa Prakarsa Selesai dengan menggunakan
metode pembelajaran pemberian tugas.
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah ada pengaruh
metode pembelajaran pemberian tugas terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas
X SMK Swasta Esa prakarsa Selesai Tahun Pembelajaran 2017/2018?”.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes adalah
alat atau prosedur yang digunakan dalam rangka pengukuran atau dan penilaian.
Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada
siswa yang berisi 10 soal berbentuk essay test. Observasi yang dilakukan adalah
observasi aktivitas siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam
proses belajar mengajar.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes dan observasi dapat
dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal (pre test)
persentase siswa yang tuntas 37,5%, kemudian setelah dilakukan post test
persentase ketuntasan naik menjadi 96%. Dengan demikian hipotesis penelitian
yaitu “Adanya peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta
Esa Prakarsa Selesai Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan menggunakan
Metodepembelajaranpemberiantugas(Resitasi) diterima”