Abstract:
Layanan Informasi adalah suatu layanan yang diberikan kepada siswa yang
bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai hal yang diperlukan
siswa dalam menentukan arah suatu tujuan. Pengertian layanan informasi dalam
penelitian ini adalah layanan yang memberikan segala data dan informasi yang
diberikan kepada peserta didik untuk memberikan pemahaman baru tentang
berbagai hal dalam perkembangan dirinya sekarang maupun untuk perencanaan
kehidupannya ke depan. harga diri (self esteem) adalah suatu penilaian subyektif
yang dibuat individu sebagai hasil evaluasi mengenai dirinya yang tercermin
dalam sikap positif dan negative. Dengan mengekspresikan suatu sikap setuju atau
tidak setuju yang berasal dari berbagai sumber, baik internal maupun eksternal
diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Informasi
Terhadap Harga Diri Siswa Kelas XI SMK PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran
2018/2019. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 102 siswa, sedangkan
yang menjadi sampel sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik Random
Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang diuji
validitas dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji persentase
dengan pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji t, uji hipotesis dan
determinasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa hasil uji t
menunjukkan nilai thitung dibandingkan dengan ttabel, thitung>ttabel (2,04>1,70).
Sebagai kriteria hipotesis diterima atau ditolak. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima.
Dengan hasil koefisien determinasi 13% menunjukkan besar pengaruh layanan
informasi terhadap harga diri siswa.