Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan
materi ayat jurnal penyesuaian pada kelas X SMK Swasta Jambi Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X akuntansi 1 SMK Swasta Jambi Medan yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan
objek penelitian adalah Penerapan Media Pembelajaran Pocbookmelalui media
Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta
Jambi Tahun Pembelajaran 2016/2017. Dari hasil analisis data dapat dilihat
bahwa Media Pocbook melalui Model Pembelajaran Jigsaw ternyata dapat
meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa dan juga aktivitas belajar siswa dalam
belajar Akuntansi. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran meningkat.
Hal ini ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil evaluasi peserta didik secara
klasikal sebelum menggunakan media pocbook melalui model pembelajaran
jigsaw dari 43,33% meningkat menjadi 70% pada siklus I, kemudian pada siklus
II juga mengalami peningkatan yang sangat memuaskan dengan tingkat
ketuntasan 90%.