Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “ Bagaimana Penerapan Model
Pembelajaran Make a Match Dalam meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi pada
Siswa Kelas X Akuntansi SMK SWASTA ESA PRAKARSA Selesai ?
“Penelitian inibertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi
siswa kelas X Akuntansi setelah diterapkan Model Pembelajaran Make a Match di
SMK Swasta Esa Prakarsa Selesai Tahun Pembelajaran 2016/2017. Subjek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Esa Prakarsa
Selesai Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang keseluruhannya berjumlah 32 siswa.
Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penerepan Model Pembelajaran
Make a Match pada saat memproses entri jurnal. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah pemberian tes untuk melihat hasil belajar siswa, serta lembar
observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan hasil belajar siswa dapat dilihat ada peningkatan hasil
belajar siswa siswa dari siklus I persentase 53% siswa yang tuntas naik menjadi
84% disiklus II. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu” Ada peningkatan
hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada siswa
Akuntansi kelas X SMK Swasta Esa Prakarsa Tahun Pembelajaran 2016/2017