Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2016-2017.

Show simple item record

dc.contributor.author Aulia, Irna Tri
dc.date.accessioned 2020-11-16T03:50:11Z
dc.date.available 2020-11-16T03:50:11Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11898
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMK Swasta Bandung 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bandung 1 yang beralamat di Jalan Pengabdian No. 72 Deli serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Bandung 1 T.P 2016/2017 yang berjumlah 32 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas kelas X SMK Swasta Bandung 1 yang berjumlah 36 orang (total Ssampling). Intrumen penelitan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian. Test sebanyak 1 soal yang terdiri dari 10 transaksi yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data pre test dan post test diperoleh mean data pre test 74,69 dengan standar deviasi 7,72. Sedangkan data post tes diperoleh mean 86,88 dengan standar deviasi 7,98. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t student dengan dk= n1+n2 -2, pada ɑ = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka dipeeroleh thitung > ttabel dengan hasil 6,328 > 2,042 . artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada indicator mencatat transaksi kedalam jurnal umum kelas X Ak SMK Swatsa Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.subject Problem Based Learning, Lembar Kerja Siswa en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account