Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas X Ak SMK Swasta Bandung 1. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Kelas X Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bandung 1 yang beralamat di
Jalan Pengabdian No. 72 Deli serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMK Swasta Bandung 1 T.P 2016/2017 yang berjumlah 32
orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas kelas
X SMK Swasta Bandung 1 yang berjumlah 36 orang (total Ssampling). Intrumen
penelitan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian. Test sebanyak 1 soal
yang terdiri dari 10 transaksi yang terlebih dahulu diuji validitas dan
reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre test dan post test diperoleh mean data pre test
74,69 dengan standar deviasi 7,72. Sedangkan data post tes diperoleh mean 86,88
dengan standar deviasi 7,98. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk
mengetahui normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas
data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t student dengan dk= n1+n2 -2,
pada ɑ = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka dipeeroleh thitung
> ttabel dengan hasil 6,328 > 2,042 . artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Lembar Kerja Siswa
(LKS) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada indicator mencatat transaksi
kedalam jurnal umum kelas X Ak SMK Swatsa Bandung 1 Tahun Pembelajaran
2016-2017