Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa
dengan penggunaan Ular Tangga melalui Pendekatan Deep dialogue atau Critikal
Thinking sebagai media pembelajaran akuntansi.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK-1 SMK
Swasta Harapan Stabat tahun pembelajaran 2016/2017 yang keseluruhan
berjumlah 39 orang siswa. Objek penelitian ini adalah media Utang (Ular Tangga)
untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.
Rancangan penelitian yang digunakan oleh penelitian tindakan (PTK)
yang terdiri dari siklus I daan siklus II. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan pemberian test untuk melihat
hasil belajar siswa. Adapun yang terjadi hasil dari penelitian ini adalah hasil
belajar siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I terdapat 84,62% siswa tuntas dan
siklus II terdapat 89,74% siswa tuntas. Dengan demikian ada peningkatan hasil
belajar siswa dalam proses belajar mengajar kompetensi pencatatan transaksi
kedalam jurnal khusus. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
Media Utang (Ular Tangga) melalui Pendekatan Deep dialogue atau Critikal
Thinking dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK-1 SMK
Swasta Harapan Stabat T.P 2016/2017