Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar
akuntansi siswa kelas X yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif
Course Review Horay di SMK PAB 8 SAMPALI. Adapun yang menjadi rumusan
masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan Model Course Review
Horay berbantu Media BOKSI pada pokok bahasan Mengelompokkan bukti
transaksi di kelas X SMK PAB 8 SAMPALI, Apakah dengan menerapkan Model
Course Review Horay dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas X SMK
PAB 8 SAMPALI dan Apakah ada peningkatan hasil belajar dengan menerapkan
Model Course Review Horay siswa kelas X SMK PAB 8 SAMPALI.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada dasarnya
merupakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam proses
pembelajaran ini yaitu siswa Kelas X SMK PAB 8 SAMPALI yang berjumlah 28
orang, dan yang menjadi objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Course
Review Horay berbantu media BOKSI.
Berdasarkan Hasil belajar dengan menerapan model Course Review Horay
berbantu media BOKSI dikelas X SMK PAB 8 SAMPALI pada siklus I
diperoleh data sebanyak 15 orang siswa (53,57%) telah mencapai ketuntasan
belajar dan 13 orang siswa (46,43%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan
nilai rata-rata siswa 63,39. Sedangkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 25
orang siswa (89,29%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 orang siswa
(10,71%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar
80 sehingga dengan meningkatnya hasil belajar dari siklus I ke siklus II aktifitas
yang terjadi dikelas X SMK PAB 8 SAMPALI juga ikut meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course
Review Horay berbantu media BOKSI dapat meningkatkan aktifitas dan hasil
belajar akuntansi siswa pada materi jurnal umum di kelas X SMK PAB 8
SAMPALI Tahun Ajaran 2016/2017