Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah dengan
penggunaan aplikasi edmodo dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa
kelas X SMK Ar-Rahman MEDAN Tahun Ajaran 2016/2017?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil
belajar siswa menyiapkan dengan penggunaan aplikasi edmodo di kelas X SMK
Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes ( pretes dan post tes),
observasi aktivitas siswa dan observasi guru. Tes adalah alat ataupun prosedur
yang dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilian. Tes yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 5
soal yang berbentuk essay tes. Observasi yang dilakukan adalah observasi
aktivitas siswa yang digunakan untk mengumpulkan data siswa dalam proses
belajar mengajar dan observasi guru.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes dan observasi dapat
diliht bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal (pre test)
persentase siswa yang tuntas 47,1% kemudian setelah dilakukan post test siklus I
persentase ketuntasan naik menjadi 70,1% dan pada siklus ke II mengalami
peningkatan menjadi 80%. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu “ Ada
peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Ar-Rahman Medan
dengan penggunaan aplikasi edmodo Tahun Ajaran 2016/2017 diterima