Abstract:
Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana efektivias
penerapan model pembelajaran problem posingdalam meningkatkan kemampuan
siswa dalam menyusun transaksi pada perusahaan jasa di kelas X SMK Swasta
Jambi Medan T.P. 2016/2017?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan model
pembelajaran problem posing di Kelas X SMK Swasta Jambi Medan dan apakah
penerapan pembelajaran dengan model Problem posing dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam menyusun transaksi pada perusahaan jasa.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan pada bulan
Februari-Maret 2017. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK
Swasta Jambi Medan yang berjumlah 30 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi sikap dan
kemampuan siswa. Ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan hasil skor
evaluasi yang dilaksanakan di setiap siklus menggunakan kriteria ketuntasan
belajar. Peserta didik mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai nilai ≥ 70
dan daya serap klasikal 75% peserta didik yang mencapai nilai ≥ 70.
Berdasarkan yang dilakukan pada siklus I dapat dilihat bahwa ada peningkatan
hasil belajar siswa yaitu dari yang sebelumnya tuntas hanya 40% menjadi 76,67%,
kemudian setelah melanjutkan siklus II, presentase hasil belajar siswa semakin
meningkat menjadi 93,33%, dengan demikian hipotesis tindakan penelitian yaitu
“Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing efektif dalam meningkatkan
kemampuan siswa menyusun transaksi pada perusahaan jasa di Kelas X Ak 1
SMK Swasta Jambi Medan pada materi pokok persamaan dasar”, diterima