Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil
belajar siswa Akuntansi kelas X di SMK Tarbiyah Islamiyah, dan untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah guru menerapkan model
pembelajaran Probbing Prompting berbasis E-Learning pada materi pokok Jurnal
Umum.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Tarbiyah
Islamiyah Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 42 siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada materi
pokok Jurnal Umum. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I yakni 73,81%
dengan jumlah siswa yang tuntas 31 orang, pada siklus II meningkat menjadi
97,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 41 orang. Sedangkan siswa yang tidak
tuntas pada siklus I 26,19% dengan jumlah 11 orang, dan pada siklus II menjadi
2,38% dengan jumlah 1 orang.
Dari data ini, kita dapat melihat bahwa nilai siswa telah mengalami peningkatan
secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai