Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran akuntansi
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantu Edmodo dapat
meningkatkan hasil belajar pada siswa SMK PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran
2016/2017 pada materi Jurnal Umum.
Adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah
penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantu Edmodo Terhadap
Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 8 Sampali Tahun
Pembelajaran 2016/2017 dan apakah ada peningkatan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantu Edmodo Kelas
X SMK PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Instrumen penelitian ini adalah Tes dan
Observasi dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK PAB 8 Sampali
yang berjumlah 28 orang.
Kesimpulan yang diperoleh adalah dari hasil observasi aktivitas belajar
siswa, meningkat yang berakibat pada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa
pada setiap siklusnya setelah menerapkan model pembelajaran Discovery
Learning berbantu Edmodo, dimana pada kondisi awal tingkat ketuntasan belajar
siswa hanya 42,86%, kemudian pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa
sebesar 57,14%, dan meningkatkan pada siklus II menjadi 82,14%