Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut:“Apakah ada peningkatan
hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran think pair share
dengan menggunakan metode drilldi kelas X Akuntansi SMK Swasta PAB 2
Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran think pair share dengan menggunakan
metode drill di kelas X Akuntansi SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Akuntansi
SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan yang terdiri dari 1 kelas berjumlah 32 siswa.
Sedangkan objek penelitian adalah Penerapan model pembelajaran think pair
share dengan menggunakan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar
akuntansi siswa kelas X SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran
2016/2017.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk subjektif tes
terstruktur dan observasi. Tekhnik analisis data menggunakan rata-rata kelas dan
tingkat ketentuan belajar. Adapun hasil penelitian pada siklus I dengan nilai ratarata 81,81 dari 32 siswa ada 19 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar
sedangkan di siklus ke II dengan nilai rata-rata 88,25 dari 32 siswa ada 28 siswa
yang sudah memenuhi ketuntasan belajar.
Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa ternyata penerapan model
pembelajaran think pair share dengan menggunakan metode drill dapat
meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa dan juga aktivitas belajar siswa dalam
belajar Akuntansi.Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran meningkat. Hal
ini ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil evaluasi peserta didik secara
klasikal setelah menggunakan model pembelajaran think pair share dengan
menggunakan metode drill dari 59,38% pada siklus I , kemudian pada siklus II
juga me