Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Bagaimana penerapan
model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Devision) dalam
meningkatkan hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1
Medan Tahun ajaran 2016/2017?”.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran STAD
(Student Teams Achievement Devision) dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Akuntansi siswa kelas XI SMA Muhmmadiyah 1 Medan Tahun ajaran 2016/2017.
Instrument penelitian yang digunakan adalah tes (pretes dan post tes),
observasi aktivitas siswa dan observasi guru. Tes adalah alat atau prosedur yang
dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilaian. Tes yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan oleh guru kepada siswa
yang berisi 5 soal yang berbentuk essay tes. Observasi yang dilakukan berupa
observasi aktivitas siswa digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam
proses belajar mengajar dan observasi aktivitas guru.
Bedasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes observasi dapat dilihat
bahwa ada pningkatan hasil belajar siswa pada tes awal (pre test) presentase
71,1% kemudian setelah dilakukan post tets siklus I presentase naik menjadi
71,63% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79,8%. Dengan
demikian hipotesis penelitian yaitu “ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa
model pembelajaran STAD ( Student Teams Achievement Devision) kelas XI
SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017vditerima