Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil
belajar siswa akuntansi kelas kelas XI di SMK Brigjend Katamso Medan, dan
untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah guru guru menerapkan
model pembelajaran problem based learning pada materi pembelajaran mengelola
dana kas kecil (Petty Cash).
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Brigjend
Katamso Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 orang siswa.
Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.
Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada
materi pembelajaran mengelola dana kas kecil (Petty Cash). Hal ini dapat dilihat
dari hasil belajar siklus I yakni 54,5% dengan jumlah siswa yang tuntas 18 orang.
Pada siklus II meningkat menjadi 87,9% dengan jumlah siswa 29 orang.
Sedangkan siswa yang tidak tuntas pada siklus I yakni 45.5% dengan jumlah
siswa 15 orang, dan pada siklus II menjadi 12,1% dengan jumlah siswa 4 orang.
Dari data ini, dapat dilihat bahwa nilai siswa telah mengalami peningkatan
secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai