Abstract:
Penelitian ini dilksanakan di SMA Gajah Mada Medan tahun pembelajaran
2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan
struktur teks drama dengan kemampuan menulis teks drama oleh siswa kelas XI
SMA Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini
adalah seluruh kelas XI yang terdiri dari IPA dan IPS dengan jumlah 49 siswa.
Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA yang berjumlah 25 siswa.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian koresional (ex post
facto). Instrumen penelitian ini menggunakan tes sebanyak 10 soal untuk
penguasaan struktur teks drama dan kemampuan menulis struktur teks drama
dengan tes essay. Sebelum melakukan pengujian teks terlebih dahulu dilakukan
uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan keberartian.
Berdasarkan hasil analisis yang dipeoleh bahwa data berdistribusi normal. Siswa
memperoleh nilai 80-100 sangat baik 17 orang (68%), siswa yang memperoleh
nilai 70-79 baik 7 orang (28%), nilai 60-69 cukup 1 orang (4%).Perhitungan yang
dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment pada taraf
signifikasi 0,05 menunjukan nilai rhitung> rtabel yaitu 0,92 > 0,361. Dengan
demikian. Hipotesis berbunyi terdapat “Hubungan Penguasaan Struktur Teks
Drama dengan Kemampuan Menulis Teks Drama oleh siswa kelas XI SMA Gajah
Mada