Abstract:
Minat baca remaja Indonesia saat ini tergolong rendah, padahal remaja
merupakan tombak peradaban yang akan menentukan arah nasib bangsa
kedepannya. Sebagai upaya peningkatan minat baca tersebut, dalam penelitian
kali ini digunakan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yaitu
layanan penguasaan konten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian
ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru BK, sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas X IPS-1 SMA YPK Medan.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara serta
dokumentasi dan pengisian google formulir sebagai pendukung dalam
memperkuat data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik
kesimpulan bahwa terjadi peningkatan minat baca siswa X IPS-1 dari siklus I ke
siklus II, salah satu peningkatan yang dapat dilihat dengan jelas adalah persentase
hasil pengisian google formulir siswa X IPS-1, pada siklus I sebelum pelaksanaan
layanan masih ada 32% siswa yang “tidak pernah” membaca buku dalam waktu 1
minggu, setelah pemberian layanan penguasaan konten di siklus I, meningkat
menjadi 8% siswa yang mengaku “lebih dari 5 kali” membaca buku dalam
seminggu dan sudah tidak ada siswa yang mengaku “tidak pernah” membaca buku
dalam waktu 1 minggu. Pada siklus II terdapat 68% siswa mengaku “3-4 kali”
membaca buku dalam seminggu, 32% lainnya “lebih dari 5 kali”