Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga
dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Tupperware pada
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Selain itu penelitian ini
akan menganalisis pengaruh faktor apakah yangberpengaruh paling dominan
dalam mempengaruhi konsumen dalam membeli produk Tupperware pada
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, serta hal lain yang di
anggap penting bagi konsumen dalam faktor faktor tersebut.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk
Tupperware pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan accidental sampling yaitu dengan cara mencari objek yang
kebetulan bertemu pada saat pengumpulan data dan sesuai untuk di teliti.
Hasil analisis awal yang di lakukan menunjukkan bakwa indikator yang di
gunakan valid untuk mengukur variabel yang ada. Hasil analisis selanjutnya
mendapati bahwa ke dua variabel yang di gunakan dalam penelitian ini, kualitas
produk 2.805 menjadi variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi
keputusan pembelian dengan koefisien regresi sebesar dan harga sebesar 2.413.
Hasil analisis juga menunjukkan bahra kedua variabel harga dan kualitas produk
mempengaruhi keputusan pembelian produk Tupperware pada Mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebesar 12,8 % dan sisanya 87,2 %
di jelaskan oleh faktor lain yang tidak di gunakan dalam penelitian ini seperti
bonus dan promosi