Abstract:
Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk dipengaruhi oleh
berbagai faktor, dimana diantaranya yaitu harga produk khususnya potongan
harga atau diskon serta adanya hadiah dalam melakukan penjualan berupa barangbarang
yang
menjadi
promosi
penjualan
oleh
perusahaan.
Hal
inilah
yang
menjadi
perhatian
bagi perusahaan yang berupaya untuk meningkatkan keputusan
pembelian konsumen terhadap produk-produk yang dihasilkan perusahaan.
Dengan kata lain adanya potongan harga dan promosi penjualan yang diterapkan
perusahaan dapat memberikan dampak terhadap peningkatan pengambilan
keputusan pembelian produk perusahaan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh
promosi penjualan dan potongan harga secara simultan terhadap keputusan
pembelian pada PT. Mestika Mandiri Medan?. Dalam penelitian digunakan teknik
pengumpulan data studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang
digunakan yaitu teknik analisis Regresi Berganda.
Berdasarkan analisa data dan pembahasan dalam penelitian maka diperoleh
kesimpulan yaitu tidak ada pengaruh potongan harga secara parsial terhadap
keputusan pembelian tetapi ada pengaruh promosi penjualan secara parsial
terhadap keputusan pembelian pada PT. Mestika Mandiri Medan. Selain itu secara
simultan ada pengaruh potongan harga dan promosi penjualan terhadap keputusan
pembelian pada PT. Mestika Mandiri Medan.