Abstract:
LoyalitaspelangganmerupakankomitmenpelangganuntukmenggunakanjasaPT.Pos Indonesia
(Persero) Medan
setelahmencariinformasimengenaiprodukataujasatersebutsesuaidengankebutuhandankeinginannya.Factorfaktor yang mempengaruhiloyalitaspelanggandiantaranyacitraperusahaandankepercayaanpelanggan,
tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahadapengaruhcitraperusahaandankepercayaanpelangg
anterhadaployalitaspelangganpadaPT.Pos Indonesia (Persero) Medan.
Populasidalampenelitianiniadalahpelanggan yang menggunakanjasaPT.Pos Indonesia
(Persero) Medan.Sampel yang diambildenganmenggunakanteknikkuota sampling sebanyak 50 orang
pelanggan.Teknikpengumpulan data
adalahwawancara(Interview)dankusionerlaluujivaliditasdanreliabilitas.Teknikanalisis data yang
digunakanadalahujiasumsiklasik, regresiberganda, uji t, uji F, danKoefisienDeterminasi(R-Square).
Hasilpenelitianmemperlihatkanbahwacitraperusahaanberpengaruhsecaratidaksignifikanterhadaplo
yalitaspelanggandenganthitung 1,208 < 2,011ttabeldannilai sig adalah0,000 < 0,05.
Kepercayaanpelangganberpengaruhsecarasignifikanterhadaployalitaspelanggandenganthitung 4,639>
2,011ttabeldengannilai sig adalah0,000 < 0,05. Berdasarkanhasiluji F didapatnilaiFhitung57.065>Ftabel
3,20dengansignifikan0,000 < 0,05,
bahwacitraperusahaandankepercayaanpelanggansecarasimultanberpengaruhsecarasignifikanterhadaployal
itaspelanggan. Nilai R-Square determinasi70,8%
memperlihatkanloyalitaspelanggandipengaruhicitraperusahaandankepercayaanpelanggan, dansisanya
29,2% dipengaruhi variable lain yang tidakditeliti.