Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan terhadap citra perusahaan pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero)
Medan. Untuk mengetahui pengaruh perubahan logo terhadap citra perusahaan
pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan. Untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan dan perubahan logo terhadap citra perusahaan pada PT.
Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa PT.
Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan. Penentuan jumlah sampel yang diambil
sebagai responden dengan sampel dalam penelitian ini adalah 73 orang konsumen
yang menggunakan jasa PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket
(questioner), sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi
klasik, regresi berganda, uji t, uji f dan uji determinasi.
Hasil regresi linear berganda adalah Y = 7,626 + 0,334X1 + 0,469X2. Dari
uji t variabel kualitas pelayanan diperoleh thitung4,828 > 1.994ttabel, menunjukkan
ada pengaruh signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap citra
perusahaan. Kemudian variabel perubahan logo diperoleh thitung5,572 > 1.994ttabel,
menunjukkan ada pengaruh signifikan antara variabel perubahan logo terhadap
citra perusahaan. Uji F diperoleh nilai hitungpada tabel diatas adalah 41,273 >
3,13 tabel. Nilai koefisien determinasi diperoleh 0,541 atau 54,1% menunjukan
sekitar 54,1% variabel citra perusahaan (Y) dipengaruhi kualitas pelayanan (X1)
dan perubahan logo (X2). Sisanya 29,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak
diteliti.