Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjabarkan: 1) bagaimana
kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal
Rahmah Stabat?, 2) bagaimana kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok
Pesantren Jabal Rahmah Stabat?, dan 3) bagaimana kepemimpinan kepala
madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok
Pesantren Jabal Rahmah Stabat?. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif, naturalistik dan teknik triangulasi. Teknik pengambilan data
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama
kurang lebih 4 bulan, dimulai dari bulan April 2020 sampai dengan bulan Juni
2020. Subjek dan informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan beberapa
Guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala Madrasah Tsanawiyah
Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat memiliki kemampuan untuk
mempengaruhi para guru dan staf dalam mengarahkan, memotivasi, dan
kerjasama untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi madrasah.
Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah
Stabat tergolong menerapkan 2 tipe kepemimpinan, Pertama kepemimpinan
situasional, yakni fleksibel dan toleransi dalam memimpin para guru dan staf.
Kedua kepemimpinan demokrasi (Democratic Leadership) kepala madrasah
memperhitungkan aspirasi dan kepentingan para guru dan staf dan mengusahakan
agar para guru dan staf ikut berperan aktif dalam mengambil keputusan dan dalam
menjalankan kepemimpinannya. Kepemimpinan kepala madrasah juga
mengunakan pendekatan dengan norma-norma ajaran Islam yakni kepala
madrasah dalam menjalankan kepemimpinan dengan menanamkan prinsip
tanggung jawab (bahwa apa yang telah diperbuat di dunia pasti akan dimintai
pertanggung jawabannya di akhirat oleh Allah Swt). 2) Kompetensi guru di
Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat tergolong
membaik, ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.
3) Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah dalam
meningkatkan kompetensi guru dengan menerapkan beberapa metode pendekatan
yang mencakup pelatihan yakni berupa bimbingan teknis, keteladanan,
kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian dan ketulusan.