Abstract:
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh citra dan kualitas
pelayanan terhadap keputusan konsumen, pendekatan penelitian ini adalah
penelitian asosiatif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner,
wawancara, dan study dokumentasi, sedangkan tekhnik analisis data
menggunakan metode regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan uji
asumsi klasik terlebih dahulu yaitu uji normalitas, multikolinearitas,
heterokedastisitas, lalu pengujian dilanjutkan dengan uji t, uji f, dan koefesien
derteminasi.
Berdasarkan data yang telah terkumpul, maka diketahui jawaban dari
rumusan masalah yang diteliti yaitu ada pengaruh signifikan antara X1 terhadap Y
dengan nilai ketentuan t hitungnya 4,518 dan t tabelnya 1,995 dikarnakan t hitung
lebih besar dari t table dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan dari data yang
telah diteliti ada pengaruh signifikan antara X2 terhadap Y dengan nilai ketentuan
t hitungnya 2,125 dan t tabelnya 1,995, dikarnakan t hitung lebih besar dari t table
dengan nilai signifikansi 0,037 < 0,05. Dari hasil pengujian secara uji F (simultan)
menunjukkan X1 dan X2 sacara bersama berpengaruh signifikan terhadap Y
dengan nilai ketentuan f hitungnya 19,085 dan f tabelnya 3,98, dikarnakan f
hitung lebih besar dari f table dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya citra
dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen
pada PT Pos Indonesia (Persero) Medan.