Abstract:
Keputusan pembelian adalah proses pengintergrasi yang
mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku
alternatif, dan memilih salah satu diantaranya. Keputusan Pembelian dapat
dipengaruhi oleh promosi dan kualitas produk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi (X1) dan
Kualitas Produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) baik secara parsial
maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pada PT.
Istana Deli Kencana (IDK1) Medan sebanyak 50 orang, penelitian ini
menggunakan metode nonprobability sampling dengan Jenis accidental
sampling. Tehnik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsu
klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan teori
manajemen Pemasaran yang berkaitan dengan Promosi, Kualitas Produk dan
Keputusan Pembelian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Promosi (X1) terhadap
Keputusan Pembelian (Y) memiliki pengaruh signifikan dengan koefisien korelasi
thitung promosi sebesar 2.163 dan ttabel 1,6772, dimana dapat di pahami bahwa thitung
> ttabel dan nilai signifikan untuk promosi sebesar 0.036 < 0.05. sedangkan
pengaruh kualitas produk (X2) juga memiliki pengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian (Y) terbukti dengan perolehan nilai hasil koefisien thitung
sebesar 6.334, dan ttabel 1,6772, dimana dapat di pahami bahwa thitung > ttabel dan
nilai signifikan untuk kualitas produk sebesar 0,000 < alpha 0,05. Berdasarkan
nilai koefisien korelasi ganda secara bersama-sama antara promosi dan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian Rx1x2y = 8.571. nilai tersebut memiliki
arti bahwa jika variabel promosi dan kualitas produk bertambah maka keputusan
pembelian akan ikut meningkat. Dari uji F di peroleh Fhitung sebesar 20.074,
sedangkan nilai Ftabel 88.415 atau signifikan Fhitung 000 < 0,05, menunjukan Ho
ditolak dan Ha diterima, berarti promosi (X1) dan kualitas produk (X2)
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada taraf α 0,05.
Sedangkan nilai R Square sebesar 0,461% bahwa variabel pomosi dan kualitas
produk memberikan kontribusi sebesar 46.1% dan sisanya 53.9% dipengaruhi
oleh variabel bebas lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.