Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. Telkom Unit CS Witel
Sumut Barat Medan. Untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap kepuasan
pelanggan pada PT. Telkom Unit CS Witel Sumut Barat Medan. Untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan Harga terhadap kepuasan pelanggan
PT. Telkom Unit CS Witel Sumut Barat Medan.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data
kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka
dan kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut dengan alat uji korelasi
product moment dan korelasi berganda tetapi dalam praktiknya pengolahan data
penelitian ini tidak diolah secara manual,namun menggunakan software statistik
SPSS.
Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi kualitas pelayanan
terhadap Kepuasan pelanggan berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel
(7.694 > 1.66) (Sig 0.000 < α0.05). dengan demikian Ho ditolak. kesimpulannya :
ada pengaruh signifikan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan produk
speedy pada PT. Telkom Unit CS Witel Sumut Barat Medan. Dari hasil penelitian
ini diperoleh nilai signifikansi Harga berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel
(-0.358< 1.66) (Sig 0.721 > α0.05). dengan demikian H1 ditolak. kesimpulannya :
tidak ada pengaruh signifikan Harga terhadap Kepuasan pelanggan produk speedy
pada PT. Telkom Unit CS Witel Sumut Barat Medan. Berdasarkan hasil uji F
diatas diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sebesar (123.834 > 3.09) (Sig. 0.000 < α0.05),
dengan demikian H0 ditolak . kesimpulannya : ada pengaruh signifikan pengaruh
Kualitas pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan pelanggan produk speedy pada
PT. Telkom Unit CS Witel Sumut Barat Medan.