Abstract:
Loyalitas pelanggan adalah komitmen untuk membeli kembali atau menggunakan
produk atau jasa yang disukai secara konsisten di masa depan, meskipun pengaruh situasional
dan upaya pemasaran memeliki potensi untuk menyebabkan perubahaan perilaku.Kepuasan
pelanggan dapat dipengaruhi berbagai faktor diantaranya Kepuasan Pelanggan dan Citra
Perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra
perusahaan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Pos Indonesia Regional I Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada PT. Pos Indonesia Regional I Medan
dengan sampel 50 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan membagikan
angket yang diuji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi
berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan koefisien determinasi.
Hasil uji t thitung sebesar 0,278 < 1,678 danmempunyai angka signifikan sebesar 0,782
> 0,05 berarti H0 ditolak (Ha ditolak), Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh
siginifikan antara kualitas pelayanan terhadap Loyalitas pelanggan pada PT. Pos Indonesia
Regional I Medan. Serta nilai thitung sebesar 3,044 > 1,678 dan mempunyai angka signifikan
sebesar 0,004 < 0,05 berarti H0 ditolak (Ha diterima), Hal ini menunjukkan bahwa ada
pengaruh siginifikan antara citra perusahaan terhadap Loyalitas pelanggan pada PT. Pos
Indonesia Regional I Medan. nilai R-Square atau koefisien determinasi menunjukkan nilai RSquare
sebesar
0,180.
Hal
ini
berarti
kontribusi
yang
diberikan
kualitas
Pelayanan
dan
citra
Perusahaan
secara
bersama-sama
terhadap
Loyalitas
Pelanggan
sebesar
18,0%