Abstract:
Keputusan pembelian sangat penting bagi perusahaan-perusahaan yang
memasarkan produknya. Keputusan pembelian adalah segala aktivitas yang
melibatkan orang pada saat menyeleksi, membeli dan menggunakan produk dan
jasa sebagai pemuas kebutuhan dan keinginannya. Banyak faktor mempengaruhi
keputusan pembelian diantaranya iklan dan desain produk.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan dan desain
produk terhadap keputusan pembelian terhadap pembelian Aroma Bakery di
Medan Johor . Pendekatan penelitian ini yaitu asosiatif dan kuantitatif dengan
populasi seluruh konsumen aroma bakery Medan Johor , menggunakan teknik
sampling aksidental sebanyak 100 responden. teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket (kuisioner). Teknik
analisis data menggunakan asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F dan
koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan Iklan berpengaruh terhadap
keputusan membeli pada Aroma Bakery Kota Medan, hal ini terlihat dari nilai t
hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu 2,392 > 1,984 dan taraf signifikannya
0,004 < 0,05, Desain berpengaruh terhadap keputusan membeli pada Aroma
Bakery Medan Johor hal ini terlihat dari nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel
yaitu 3,401 > 1,984 dan taraf signifikannya 0,001 < 0,05, Iklan dan desain
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan membeli di Aroma
Bakery Medan Johor, hal ini bisa dilihat dari nilai uji F yang lebih besar dari F
tabel yaitu 7,729 > 3,09 dan nilai signifikan 0,004 < 0,05.
Nilai koefisien determinasi sebesar 0,306 atau 30,6 kontribusi iklan dan
desain produk terhadap keputusan pembelian. Sisanya 69,4 dipengaruhi variable
lain.