Abstract:
Perusahaan provider/ kartu seluler saat ini semakin banyak dan memiliki
strategi bersaing yang berbeda-beda untuk itu setiap perusahaan perlu memiliki
suatu pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya, salah satu bentuk
pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk kartu seluler
adalah penggunaan strategi harga dan promosi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian konsumen, untuk mengetahui secara parsial
pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen, dan untuk
mengetahui secara simultan pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan
pembelian kartu telkomsel pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas
muhammadiyah sumatera utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang terdapat pada….
Fakultas ekonomi universitas muhammadiyah sumatera utara yang berjumlah ….
Orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability
sampling dengan pendekatan sampling insidental sebanyak 100 responden.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan engket
(questioner). Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji
asumsi klasik, uji t, uji f, dan uji determinan.
Hasil persamaan regresi berganda Y = 15.372+ 0.514X1 + 0.217X2. Hasil
uji t secara parsial ada pengaruh signifikan harga terhadap keputusan pembelian
konsumen dimana thitung 5,562 > ttabel 1,661, secara parsial ada pengaruh signifikan
promosi terhadap keputusan pembelian konsumen dimana thitung 3,309 > ttabel
1,1661. Nilai uji f diperoleh fhitung 37,635 > ftabel 3,090 dengan sig 0,000 < α = 0,05
menunjukkan bahwa secara simultan harga dan promosi berpengaruh signifikan
terhadap keputusaan pembelian (Y) kartu telkomsel pada mahasiswa fakultas
ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Koefisien determinasi nilai
R- Square sebesar 0,437 menunjukkan 43,7% keputusan pembelian dipengaruhi
oleh faktor harga dan promosi dan sisanya 56,3% % dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti