Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi
pemasaran produk Indihome pada PT. Telkom Akses Medan.
Data diperoleh secara langsung oleh Manajer Project Migrasi Sumatera
bagian Utara PT. Telkom Akses Medan. Cara mengumpulkan data dengan metode
Observasi (pengamatan), dokumentasi, wawancara. Analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif.
PT. Telkom Akses merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang
telekomunikasi dengan produk indihome yang merupakan bundling dari internet
cepat, telepon rumah, dan useetv. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi
pemasaran untuk produk indihome adalah sebagai berikut: (1) Membidik
segmentasi pasar untuk kalangan menengah ke atas untuk masyarakat Medan,
khususnya Medan Timur. (2) Produk Indihome yang di bundling triple play ini
ditawarkan dengan paket indihome FTTH dan Non FTTH (untuk yang belum
terlayani fiber). (3) Harga yang ditawarkan tergantung daru pilihan kebutuhan
pelanggan dengan harga itu pelanggan akan membayar lebih murah dari apa yang
di dapatkan. (5) Untuk promosi produk indihome lebih banyak melakukan secara
personal selling dan door to door, juga promosi personal selling secara person to
person.(6) Untuk berlangganan indihome dapat mendatangi langsung Plasa
Telkom. (7) Dalam pelayanan yang ramah kepada pelanggan serta proses yang
cepat terhadap pelanggan baru hal ini akan menjadi penting karena pelanggan
akan merasa puas dengan pelayanan PT. Telkom Akses Medan