Abstract:
Bimbingan pribadi sosial merupakan upaya layanan yang diberikan kepada
siswa agar mampu mengatasi permasalahan - permasalahan yang dialaminya, baik
yang bersifat pribadi maupun sosial, sehingga mampu membina hubungan sosial
yang harmonis di lingkungannya. Bimbingan pribadi sosial dalam konseling
mengajarkan cara untuk berpikir lebih baik dari setiap permasalahan yang
dihadapi. Perilaku Maladaptif merupakan proses pemenuhan kebutuhan dengan
cara- cara yang tidak wajar atau bertentangan dengan norma yang dijunjung tinggi
oleh masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang
bertujuan untuk mengetahui penerapan bidang bimbingan pribadi sosial untuk
mengurangi perilaku maladaptif siswa kelas VIII MTS Aisyiyah Sumatera Utara
Tahun Pembelajaran 2018/2019. Untuk menentukan objek dalam penelitian ini
menggunakan Purposive Sampling (sampel berkriteria) sebanyak 9 siswa. Adapun
instrument dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara dengan
siswa yang bersangkutan dan orang - orang yang dapat memberikan informasi
tentang yang diteliti. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil
penelitian dapat diketahui bahwa penerapan bidang bimbingan pribadi sosial
untuk mengurangi perilaku maladaptif siswa kelas VIII MTS Aisyiyah Sumatera
Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019 sudah berjalan dengan baik.