Abstract:
Salesman mempunyai peranan yang sangat penting, dimana diterima atau
tidaknya produk yang diproduksi perusahaan bagi masyarakat dilihat dari baik
tidaknya peranan salesman yang bertugas untuk menjual produk barang atau jasa
tersebut. Karena apabila peranan salesman yang ditugaskan untuk menjual produk
tidak dapat berjalan dengan baik maka akan merugikan perusahaan, sementara
perusahaan telah mengeluarkan dana untuk operasional salesman tersebut.
Dimana biaya yang dikeluarkan untuk operasional salesman tersebut bertujuan
untuk lebih meningkatkan kinerja salesman dalam upaya membantu perusahaan
melakukan penjualan produk yang sesuai dengan target volume penjualan
perusahaan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh
salesman terhadap volume penjualan produk pada PT. Mestika Mandiri Medan?.
Dalam penelitian digunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara danstudi
dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis
Forecasting (Peramalan).
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa salesman pada
PT. Mestika Mandiri Medan secara umum mempunyai tugas yaitu berupaya untuk
mendapatkan target, melakukan atau memberikan pelayanan terhadap masyarakat
untuk memenuhi kebutuhan mereka, dengan cara mendatangi langsung atau
bertatap muka langsung dengan para konsumen.
Selain itu tugas salesman dalam menjual produk perusahaan mempunyai
tugas sebagai berikut : pembuatan program penjualan, evaluasi kunjungan
promosi produk, pembuatan laporan penjualan, mengadakan kunjungan promosi
dan mengadakan pertemuan antar salesman.