Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh antara parsial dan simultan
antara citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Taspen
(Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Medan.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menggunakan jasa PT. Taspen
(Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Medan. Populasi tidak diketahui dengan pasti jumlahnya
maka peneliti menetapkan jumlah sampel yang diambil yaitu 75 nasabah, kemudian
menggunakan sampling incidental, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu
nasabah yang datang ke PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Medan.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan (Angket) dan
wawancara (interview). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik,
regresi berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinant.
Secara parsial citra perusahaan dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Medan. Persamaan
regresi ganda Y = 0.077 + 0.737 X1 + 0.275 X2 Persamaan tersebut memperlihatkan bahwa
semua variabel bebas (X1, X2) memiliki koefisien yang sama yaitu b1 positi dan b2 positif, berarti
variabel bebas citra perusahaan (X1) dan kualitas pelayanan (X2) mempunyai hubungan yang
searah terhadap variabel kepuasan nasabah (Y). Nilai koefisien korelasi ganda secara bersamasama
antara citra perusahaan, kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah diperoleh RY,X1,X2 =
0.977. Nilai yang positif tersebut mempunyai arti bahwa jika reliability antara citra perusahaan
dan kualita pelayanan baik maka kepuasan nasabah akan meningkat. Nilai thitung > ttabel untuk
variabel citra perusahaan (X1) adalah sebesar 14.591 > 1.666 dengan nilai signifikan 0.000 <
0.05 maka dapat dinyatakan bahwa citra perusahaan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan nasabah (Y), variabel kualitas pelayanan (X2) adalah sebesar 6.132 > 1.666 dengan
nilai signifikan 0.000 < 0.05 maka kualitas pelayanan (X2) berpengaruh secara signifikan
terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Dari uji Fhitung diperoleh 1548.214 dengan sig sedangkan nilai
Ftabel 3.124 dengan taraf signifikan (0.000< 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa citra
perusahaan (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
nasabah (Y).
Sedangkan nilai koefisien determinasi hasil penelitian ini adalah sebesar 0.977 angka ini
mengidentifikasikan kepuasan nasabah (variabel dependen) mampu dijelaskan oleh citra
perusahaan dan kualitas pelayanan (variabel independent) sebesar 97.7% sedangkan sisanya
2.3% dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.