Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan
harga terhadap keputusan pembelian beras pada Perum BULOG Divre Sumatera Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli beras pada Perum BULOG
Divre Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen, dengan
teknik penentuan sampel menggunakan Nonprobability sampling serta teknik pengambilan
sampel menggunakan accidental sampling yaitu dengan mencari konsumen yang kebetulan
membeli beras pada Perum BULOG Divre Sumatera Utara.
Hasil pengolahan data menunjukkan Kualitas produk dan Harga secara parsial
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen beras pada Perum BULOG Divre Sumatera
Utara, hal ini di tunjukkan dengan thitung Kualitas produk 4,714 dengan tingkat signifikan 0,000
dan thitung Harga 13,491 dengan tingkat signifikan 0,000, data di atas menunjukkan
menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel 1,660 dan nilai signifikan kedua variabel di
bawah 0,05, selanjutnya kualitas produk dan harga mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam
keputusan pembelian beras pada Perum BULOG Divre Sumatera Utara yang di tunjukkan
dengan nilai koefisien determinasi yang menunjukkan nilai R
2
adalah sebesar 80,7 %.