Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja
Peserta Didik dengan pendekatan Make A Match yang valid untuk digunakan.
Penelitian pengembangan ( Research dan Development ) ini menggunakan model
4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tetapi di modifkasi menjadi
3D yaitu define, design dan develop.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan RPP dan LKPD yang
dikembanghkan ini adalah angket penilaian oleh 2 dosen ahli dan satu guru
matematika, untuk mengukur kepraktisan LKPD instrument yang digunakan
adalah angket respon siswa, dan untuk mengukur keefektifan LKPD instrument
yang digunakan adalah hasil belajar siswa setelah menggunakan LKPD dengan
pendekatan make a match. Kevalidan RPP dan LKPD dinilai oleh para ahli
dengan skor maksimal 4 untuk setiap pernyataan.
Hasil untuk RPP oleh validator 1 dengan rata-rata 3,85, oleh validator 2 dengan
rata-rata 3,5 dan oleh validator 3 dengan rata-rata 3,8 dengan rata-rata seluruh
validator 3,71 dengan persentase 92,75 dengan seluruh kriteria sangat valid.
Hasil penilaian untuk LKPD yang dikembangkan oleh validator 1 dengan rata-rata
3,86 oleh validator 2 dengan rata-rata 3,8 dan oleh validator 3 dengan rata-rata 3,8
dengan rata-rata seluruh validator 3,82 dengan persentase 95,5 % dengan seluruh
kriteria sangat valid sehingga dapat dikatakan LKPD yang dikembangkan pada
posisi layak.
Kepraktisan yang berdasarkan angket respon siswa dengan rata-rata 36,5 dengan
persentase 91,25% berdasarkan kriteria sangat praktis. Keefektifan yang
berdasarkan dari hasil belajar siswa dengan hasil rata-rata 79,8 dengan persentase
80% dengan hasil kriteria efektif.
Berdasarkan data yang diperoleh dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa
pengembangan LKPD dengan pendekatan make a match pada materi relasi dan
fungsi layak untuk digunakan.