Abstract:
Nilai perusahaan dapat didefinisikan sebagai nilai wajar perusahaan yang
menggambarkan persepsi investor terhadap emiten bersangkutan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai
Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa
Efek Indonesia.
Nilai Perusahaan (Price Book Value) merupakan variabel terikat dalam
penelitian yang dimana variabel bebas dari penelitian ini Debt to Equity Ratio,
Debt to Assets Ratio dan Long-term Debt to Equity Ratio dengan menggunakan
metode penelitian pendekatan asosiatif. Pendekatan asosiatif adalah pendekatan
dengan menggunakan dua atau lebih variabel guna mengetahui pengaruh antara
variabel yang satu dengan lainnya dan pengambilan data dengan dokumentasi
yang di ambil dari sumber situs resmi www.idx.co.id pada periode tahun 20112015
pada
Perusahaan
Makanan
dan
Minuman.
Populasi
dalam
penelitian
ini
adalah
Perusahaan
Makanan
dan
Minuman
yang
Terdaftar
di
Bursa
Efek
Indonesia.
Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling sehingga
didapat 11 perusahaan sebagai sampel. Data menggunakan metode analisis asumsi
klasik, analisis regresi, analisis regresi dengan variabel moderating dan koefisien
determinasi dengan bantuan software SPSS 16 (Statisticalyang Product and
Service Salutions).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equtiy Ratio (DER) secara
parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Price Book Value, Debt
to Assets Ratio (DAR) secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Price Book Value, Long-term Debt to Equity Ratio (LDER) secara
parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Price Book Value. Dan
secara simultan menyatakan bahwa variabel independen Debt to Equty Ratio,
Debt To Assets Ratio, Long-term Debt to Equity Ratio tidak mempengaruhi Price
Book Value pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa
Efek Indonesia