Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :Pengaruh Corporate Social
Responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang
terdaftar di BEI. Pengaruh Profitabilitas sebagai variabel moderating dalam
hubungan antara Corporate Social Responsibility dengan nilai perusahaan.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan
pendekatan non probability sampling, khususnya metode purposive sampling
yaitu teknik sampling dengan metode pengambilan sampel secara tidak acak tetapi
berdasarkan atas tujuan dan pertimbangan atau kriteria tertentu. Dari 38 populasi
perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, diperoleh 10 perusahaan
pertambangan yang memenuhi kriteria diatas sebagai sampel penelitian.
CSR secara parsial tidak mempengaruhi PBV. Nilai ttabel adalah 1,705,
sehingga thitung < ttabel (0.186 < 1,70), Signifikansi penelitian juga menunjukkan
angka > 0,05 (0,853 > 0,05). ROA secara parsial berpengaruh tidak signifikan
PBV. thitung sebesar 1.777 dengan nilai signifikan 0,085, sedangkan ttabel adalah
1,705, sehingga thitung > ttabel (1,777 > 1,705), Signifikansi penelitian
menunjukkan angka > 0,05 (0,085 > 0,05)