Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada
pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan nasabah pada PT. Taspen
(Persero) Kantor Cabang Utama Medan; 2) untuk mengetahui apakah ada
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Taspen
(Persero) Kantor Cabang Utama Medan; 3) untuk mengetahui pengaruh secara
simultan variabel strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
nasabah pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Medan.
Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dan
pendekatan kuantitatif, dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu
berupa kuesioner terhadap 75 nasabah, yang bertujuan untuk mengetahui
tanggapan nasabah terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan
meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi berganda dan (uji t, uji
F, koefisien determinasi).
Dengan nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,150. Hal ini
berarti 15% variasi variabel kepuasan konsumen (Y) ditentukan oleh kedua
variabel independen yaitu Strategi Pemasaran (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2).
Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.