Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh promosi
terhadap keputusan pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil I - Medan. Untuk
menganalisis pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan pada PT. Pegadaian
(Persero) Kanwil I - Medan. Untuk menganalisis pengaruh promosi dan citra
perusahaan terhadap keputusan pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil I - Medan.
Dalam hal ini yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
nasabah PT. Pegadaian (Persero) Kanwil I - Medan yang menggunakan Jasa
Gadai Emas. Pada penelitian ini, penulis menggunakan quota sampling. Quota
sampling adalah teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai
ciri-ciri sampai jumlah (quota) yang diinginkan. Peneliti juga membatasi jumlah
pengambilan keputusan sampel sebanyak 100 orang.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah questioner (angket),
interview (wawancara) dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji-t, uji-F dan
koefisien determinasi.
Promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan
nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil I - Medan. Citra perusahaan
berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan nasabah pada PT.
Pegadaian (Persero) Kanwil I – Medan. Promosi dan citra perusahaan
berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan nasabah pada PT.
Pegadaian (Persero) Kanwil I - Medan pada taraf a0,05.