Research Repository

Analisis Strategi Pemasaran Produk MULIA Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Medan Krakatau

Show simple item record

dc.contributor.author Nadia, Sarah
dc.date.accessioned 2020-11-14T03:20:31Z
dc.date.available 2020-11-14T03:20:31Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11354
dc.description.abstract Penulis melakukan penelitian ini pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Medan Krakatau. Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk alternative strategi yang tepat dalam pemasaran melalui berbagai pertimbangan diantaranya STP (Segmenting, Targeting dan Positioning), bauran pemasaran 4 P (Product, Price, Place, Promotion) dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) dalam hal ini adalah produk MULIA pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Medan Krakatau. Teknik analisa data yang digunakan adalah Matriks Faktor Strategi Internal (IFAS), Matriks Faktor Strategi Eksternal (EFAS) dan Matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Adapun yang dimaksud dengan analisis ini adalah untuk menggambarkan secara jelas peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya sehingga dapat menciptakan sebuah rencana tindakan dalam menangani masing-masing dari empat unsur tersebut (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman). Didalam analisis SWOT ini akan digunakan pendekatan secara kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kualitatif merupakan suatu analisis yang digunakan tanpa mempergunakan perhitungan angka-angka, melainkan berdasarkan penilaian atau pendapat serta dasar-dasar yang dapat menunjang dalam pengambilan keputusan yang bersifat subyektif. Sedangkan pendekatan secara kuantitatif merupakan suatu cara analisis data menggunakan perhitungan angka-angka atau untuk menunjang proses analisis data tersebut. Penelitian yang dilakukan pada perusahaan untuk memperoleh data melalui wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini responden yang diambil untuk wawancara adalah dua orang kepada pimpinan cabang dan bagian pemasaran PT. Pegadaian (Persero) Cabang Medan Krakatau. Sedangkan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dokumen-dokumen perusahaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan semua analisis tersebut diatas, alat yang dipakai untuk mengidentifikasi serta mengevaluasi alternatif strategis perusahaan adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Penelitian menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dapat ditentukan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Kedua faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam analisis SWOT. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dengan faktor internal kekuatan (strength), dan kelemahan (weaknesses). Dengan menggunakan analisa SWOT dapat diperoleh hasil bahwa perusahaan dapat mengambil alternatif stategi ST, WT, SO dan WO. en_US
dc.subject Pemasaran en_US
dc.subject strategi pemasaran en_US
dc.title Analisis Strategi Pemasaran Produk MULIA Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Medan Krakatau en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account