Abstract:
Penulis melakukan penelitian ini pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Medan Krakatau.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk alternative strategi yang tepat dalam pemasaran
melalui berbagai pertimbangan diantaranya STP (Segmenting, Targeting dan Positioning),
bauran pemasaran 4 P (Product, Price, Place, Promotion) dan analisis SWOT (Strength,
Weakness, Opportunity dan Threat) dalam hal ini adalah produk MULIA pada PT. Pegadaian
(Persero) Cabang Medan Krakatau. Teknik analisa data yang digunakan adalah Matriks Faktor
Strategi Internal (IFAS), Matriks Faktor Strategi Eksternal (EFAS) dan Matriks SWOT
(Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Adapun yang dimaksud dengan analisis ini adalah
untuk menggambarkan secara jelas peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan
dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya sehingga dapat menciptakan
sebuah rencana tindakan dalam menangani masing-masing dari empat unsur tersebut (kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman).
Didalam analisis SWOT ini akan digunakan pendekatan secara kualitatif dan pendekatan
kuantitatif. Pendekatan kualitatif merupakan suatu analisis yang digunakan tanpa mempergunakan
perhitungan angka-angka, melainkan berdasarkan penilaian atau pendapat serta dasar-dasar yang dapat
menunjang dalam pengambilan keputusan yang bersifat subyektif. Sedangkan pendekatan secara
kuantitatif merupakan suatu cara analisis data menggunakan perhitungan angka-angka atau untuk
menunjang proses analisis data tersebut. Penelitian yang dilakukan pada perusahaan untuk memperoleh
data melalui wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini responden yang diambil untuk wawancara
adalah dua orang kepada pimpinan cabang dan bagian pemasaran PT. Pegadaian (Persero) Cabang
Medan Krakatau. Sedangkan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dokumen-dokumen
perusahaan yang berhubungan dengan penelitian ini.
Berdasarkan semua analisis tersebut diatas, alat yang dipakai untuk mengidentifikasi serta
mengevaluasi alternatif strategis perusahaan adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis
SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.
Penelitian menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dapat ditentukan oleh kombinasi faktor internal dan
eksternal. Kedua faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam analisis SWOT. Analisis SWOT
membandingkan antara faktor eksternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dengan faktor
internal kekuatan (strength), dan kelemahan (weaknesses). Dengan menggunakan analisa SWOT
dapat diperoleh hasil bahwa perusahaan dapat mengambil alternatif stategi ST, WT, SO dan WO.