Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas pelayanan yang sering
dikeluhkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan, dikarenakan pelayanan yang
tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh para peserta. Apabila Peserta BPJS
merasa puas atas pelayanan yang diberikan akan mendapat keuntungan yang lebih
dari perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kualitas pelayanan terhadap peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota.
Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 peserta BPJS Ketenagakerjaan
yang dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sample kuota, Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan ( Quesioner ).
Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan di analisis dengan data asumsi
klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Pengelolaan data
dilakukan melalui SPSS 16.00
Berdasarkan hasil penelitian uji t menunjukkan variabel Reabilitas (1.999)
Responsiveness (2.000) Assurance (2.192), Emphaty (2.936), dan Tangibel
(2.620) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan Peserta BPJS
Ketenagakerjaan. Sedangkan hasil penelitian uji F diketahui Fhitung sebesar
18.759dengan sig 0.000 < 0.005 menunjukkan H0 diterima berarti Kualitas
pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan Peserta BPJS
Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Nilai R Square sebesar 0.559
menunjukkan bahwa 55.9 % dipengaruhi oleh variabel kepuasan peserta dan
sisanya 54.1% itu dipengaruhi oleh variabel lain.