Abstract:
Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa essai yaitu
mengonversi berita ke dalam bentuk dialog. Berdasarkan teknik analisis data,
dapat diketahui bahwa “Kemampuan siswa dalam mengonversi teks berita ke
dalam bentuk dialog sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) kelas IX SMP Al-Hidayah Mdan
Tahun Pembelajaran 2018/2019 memperoleh nilai rata-rata 76,92” termasuk
dalam kategori baik. “Kemampuan siswa dalam mengonversi teks berita ke dalam
bentuk dialog sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) kelas IX SMP Al-Hidayah Mdan Tahun
Pembelajaran 2018/2019 memperoleh nilai rata-rata 64,68” termasuk dalam
kategori cukup. Berdasarkan perhitungan “t” diperoleh thitung = 14,2 kemudian
dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% dengan df = N-1 = 24, maka diperoleh
taraf signifikansi 5% = 2,06 dan 1% = 2,80, karena to yang diperoleh lebih besar
dari ttabel yaitu 2,06 < 14,2,12>2,80 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima dengan hipotesi yang berbunyi “Adanya pengaruh yang
signifikan atas penggunaaan model Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan mengonversi berita ke
dalam bentuk dialog oleh siswa kelas IX SMP Al-Hidayah Medan Tahun
Pembelajaran 2018/ 2019”.