Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
dari brand awareness dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada
produk bedak tabur, yaitu bedak Marcks yang diproduksi oleh perusahaan farmasi
milik negara yaitu PT. Kimia Farma (Persero). Penelitian dilakukan guna
mengetahui pengaruh kedua variabel tersebut terhadap keputusan secara parsial
dan juga secara parsial.
Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
pendekatan asosiatif (hubungan). Populaasi pada penelitian ini adalah seluruh
pengunjung Pasar Petisah Medan dan berdasarkan populasi tersebut penulis
mengambil sampel sebanyak 50 orang responden yang membeli produk bedak
Marcks di toko-toko kosmetik di Pasar Petisah Medan. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yg digunakan adalah analisis regresi
linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, brand awareness
tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, hal ini dapat dilihat
dari hasil uji t dimana thitung 0,694 < 2,011 ttabel. Sedangkan harga berpengaruh
terhadap keputusan pembelian dimana hasil penelitian menunjukkan thitung 3,339 >
2,011 ttabel. Namun secara simultan, brand awareness dan harga berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk bedak Marcks di
Pasar Petisah Medan